Sekitar 300 warga Desa Gulon dan sekitarnya berbondong-bondong mengikuti pengobatan gratis, yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Undip, Minggu (25/9). Kegiatan tersebut berlokasi di Klinik Kebencanaan Undip yang ada di Desa Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang.

Sebelumnya, tim pengabdian masyarakat LPPM Undip telah melaksanakan pengobatan gratis serupa di Dukuh Gojoyo, Kabupaten Demak dan Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Pengobatan gratis di Desa Gulon ini sudah yang ke sekian kali dilaksanakan oleh LPPM Undip, dengan mengajak tim dari Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) dan Fakultas Kedokteran (FK) Undip.

Pengobatan gratis ini menjadi salah satu wujud nyata Undip dalam menuntaskan kewajiban perguruan tinggi yakni Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian masyarakat. Hal ini seperti disampaikan oleh dr. Abdul Mughni, pemimpin tim dokter Undip dalam kegiatan pengobatan gratis di Desa Gulon.

“Di tengah masyarakat yang membutuhkan, kami sangat berharap untuk bisa hadir, menyesuaikan agenda pengabdian lainnya yang sudah ditetapkan oleh LPPM Undip,” ujarnya.

Acara pengobatan gratis yang dipimpin dr. Abdul Mughni tersebut juga didampingi oleh dr. Sri Winarni didukung 110 residen, 12 koas, 14 perawat, serta tenaga admin dan relawan dari mahasiswa.

Prof. Agus Subagio, Wakil Ketua LPPM Undip berujar bahwa pihaknya akan terus berkomitmen membantu masyarakat yang membutuhkan dengan beragam progam yang telah dicanangkan. “Kami akan terus memantapkan komitmen kami untuk program pengabdian kepada masyarakat seperti ini serta sesuai kebutuhan masyarakat lainnya,” pungkasnya.