Sebagai seorang calon dokter, mahasiswa lulusan Prodi Profesi Dokter sebenarnya berkesempatan mempelajari etik keprofesian selama masa pendidikan. Akan tetapi, dengan banyaknya materi dan keterampilan yang harus dipelajari dalam masa pendidikan yang relative singkat (4 semester), ada kemungkinan materi etik keprofesian termasuk sumpah dokter kurang mendapat porsi perhatian yang mencukupi. Selain itu, dokter baru juga perlu mendapat informasi tentang organisasi profesi yang akan mewadai mereka nantinya, serta tentang internship.

Ketua IDI Cabang Kota Semarang memberikan pembekalan pengetahuan tentang etik kedokteran, sumpah dokter serta pengenalan tentang organisasi profesi dokter dan internship pada calon dokter  baru FK Undip pada hari Rabu tanggal 28 September 2022 di Ruang Sidang I lantai 2 Gedung B Dekanat FK UNDIP Tembalang dan dilakukan secara hybrid (online & Offline). Selain Ketua IDI Cabang Kot Semarang, turut pula 5 narasumber yang ikut memberikan pembekalan Antara lain Ketua IKA Medica, Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah, KPS S2 Ilmu Biomedik FK UNDIP Semarang, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Dokter, serta Prof.dr. M. ToharArifin, Sp.BS(K).,Ph.D.PA.

Selain memberikan pembekalan, acara ini juga digunakan untuk melakukan Yudisium kepada Coas yang telah dinyatakan lulus ujian UKMPPD periode Agustus 2022.